Upaya guru fiqih dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII MTs. Fathurrahman Jeringo Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018

Hafiz, Abdul (2017) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII MTs. Fathurrahman Jeringo Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Abdul Hafiz 151131009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya informasi awal yang peneliti peroleh dari guru Fiqih di MTs. Fathurrahman Jeringo, diketahui bahwasanya siswa-siswi kelas VIII MTs. Fathurrahman Jeringo enggan untuk mengungkapkan diri, terutama dalam proses belajar mengajar, karena adanya sikap kurang atau tidak percaya diri (minder) dalam dirinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang upaya guru fiqih dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII MTs. Fathurrahman Jeringo. Adapun yang menjadi Informan dalam penelitian ini adalah guru bidang studi fiqih, kepala MTs. Fathurrahman Jeringo, guru-guru, siswa dan wali murid. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi, dalam analisis data kualitatif yang dilakukan melalui 4 cara yaitu, pengumpulan data, reduksi/merangkum data, penyajian/display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan, diantaranya: 1). Upaya yang dilakukan oleh guru fiqih dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah dengan memberikan bimbingan, membangun komunikasi yang efektif, memberi motivasi, dan membangun kerjasama dengan orangtua atau wali murid. 2). Kendala-kendala yang dihadapi guru fiqih dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah keterbatasan waktu, kondisi psikis para siswa, dan kelas yang gemuk. 3). Solusi yang dilakukan guru fiqih untuk menangani kendala dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah membuat kelompok diskusi, keterampilan membuka pelajaran, dan manajemen (pengelolaan) kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Psikologi Anak; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:11
Last Modified: 12 Nov 2018 05:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item