Aini, Zinnur (2020) Implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan karakter siswa MI Al Amin Pejeruk Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Zinnur Aini 160106048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan 1) unntuk mengetahui perencanaan program tahfidz al-Qur‟an dalam pembentukan karakter siswa MI Al Ami Pejeruk. 2) untuk mengetahui proses pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an dalam pembentukan karakter siswa MI Al Ami Pejeruk. 3) untuk mengetahui implikasi program tahfidz al-Qur‟an dalam pembentukan karakter siswa MI Al Amin Pejeruk. Pennelitian ini menggunaakan pendekatan kualitatif bentuk deskriptif. Dalam penelitian ini, tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis kualitatif miles dan huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi program tahfidz alQur‟an dalam pembentukan karakter siswa MI Al Amin Pejeruk dapat disimpulkan bahwa perencanaan program tahfidz al-Qur‟an di MI Al Amin Pejeruk sudah sesuai dengan tahapan-tahapan program tahfidz al-Qur‟an, yang disusun melalui tahapan menetapkan program yang akan dilaksanakan, menentukan indikator keberhasilan program tahfidz al-Qur‟an dan lahirlah jadwal kegiatan program tahfidz al-Qur‟an pada hari Senin, Rabu dan Jum‟at. Pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an di MI Al Amin Pejeruk sudah berjalan dengan baik bisa dilihat dengan proses hafalan, metode yang digunakan dan keterlibatan guru dalam melaksanakan program karena mereka sendiri yang terlibat langsug dalam perencanaan program tahfidz al-Qur‟an dan Program tahfidz al-Qur‟an ini berimplikasi terhhadap terbentuknya karakter siswa menjadi lebih baik seperti jujur dilihat dengan pernyataan siswa sesuai dengan buku setoran tahfid ketika ditanya oleh ustadz//ustadazah sampai mana hafalan mereka, disiplin dalam waktu setoran hafalan, bertanggung jawab terhadap hafalannya dilihat dari siswa sealalu muroja‟ah hafalan agar tidak mudah dilupakan dan berimplikasi terhadap perilaku siswa yang sopan santun terhadap bapak/ibu guru, ustadz/ustadzah yang dibuktikan dengan memberikan salam ketika bertemu dan mematuhi aturan program tahfidz al-qur‟n ketika berlangsung tidak ada yang saling berbicara atau bermain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program tahfidz; psikologi pendidikan; pembentukan karakter |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 06:49 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 06:49 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |