Saputri, Eni (2019) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas II materi berakhlak terpuji dan adab islami di MI NW Salik Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Eni Saputri 1501060808.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi berakhlak terpuji dan adab islami di kelas II di MI NW Salik Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di MI NW Salik yang berjumlah 23 orang, laki-laki sebanyak 15 orang dan perempuan sebanyak 8 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas II materi berakhlak terpuji di MI NW Salik Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 47,82% dengan nilai rata-rata 70,86%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa adalah 55% dikategorikan kurang berarti aktivitas belajar siswa belum tercapai, sedangkan pada siklus I persentase aktivitas guru adalah 65% dikategorikan cukup. Sementara itu pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,95% dengan nilai rata-rata 85,21%, pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa adalah 70% dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas guru 75% dikategorikan cukup baik. Dari kedua perolehan prestasi belajar siswa tersebut dapat diketahui bahwa adanya peningkatan pada siklus I dengan siklus II, dengan demikian dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media belajar; media gambar; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 05:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 05:02 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |