Wahyuni, Sri (2020) Penerapan media gambar pada mata pelajaran Fiqih kelas III b di MI NW Johar Pelita Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Sri Wahyuni 160106138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “penerapan media gambar pada dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan media gambar pada mata pelajaran fiqih kelas IIIB di MI NW Johar Pelita Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh dilapangan adalah data yang menghasilkan data deskriptif yang berupa informasi atau keterangan-keterangan yang berkaitan dengan judul. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang bersifat induktif, dengan cara tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi dan memperpanjang kehadiran peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mata pelajaran fiqih menerapkan media gambar dengan langkah-langkah yaitu: melakukan pembukaan dengan salam dan berdo‟a bersama, memeriksa kehadiran peserta didik, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik, mengulas kembali materi sebelumnya, mejelaskan kegiatan yang akan dilakukan, menunjukkan media gambar yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan, mendiskusikan bersama gambar yang ditunjukkan dengan melakukan Tanya jawab, membagi siswa menjadi beberapa kelompok, membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompoknya dan mengevaluasi hasil kerja setiap kelompok, sebagai penutupnya meminta peserta didik untuk membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan proses pembelajaran berlangsung, melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan di dalam kelas dengan memberikan tes yang berisi soal-soal pilihan ganda, mengevaluasi hasil pekerjaan siswa dan menutup dengan mengucap salam dan meminta siswa berdo‟a bersama-sama. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan media gambar yaitu, kesibukan waktu mengajar diberbagai tempat sehingga waktu untuk membuat media gambar tidak ada, sebagaian kecil siswa masih ada yang kurang dalam hal membaca dan suit memahami materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media belajar; media gambar; metode belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 02:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:55 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |